Tips Merawat Kucing Yang Benar

Tips Merawat Kucing Yang Benar adalah judul postingan yang saya tulis pada hari ini. Baiklah langsung saja ke pembahasannya ya. Apabila Anda suka memelihara kucing, Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam pemeliharaan hewan kesayangan Anda tersebut. Sesungguhnya memelihara kucing dengan benar, bukanlah hal yang sulit. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar Anda benar dalam merawat kucing Anda.
    Tips Merawat Kucing Yang Benar
  • Makanan yang diberikan merupakan makanan khusus untuk kucing yang sudah direkomendasikan kandungan gizinya, sehingga kondisi kesehatannya terjamin.
  • Takaran pemberian makanan harus sesuai dengan kebutuhan kucing. Jadi usahakan makanan habis untuk sekali makan sehingga pakan yang diberikan selalu berganti.
  • Hindari obesitas (kegemukan) dengan cara memberikan makan sesuai takaran kebutuhan.
  • Pilih makanan kering karena praktis dan butiran-butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing.
  • Jika kucing sudah terbiasa mengkonsumsi makanan basah, usahakan pada saat memberikan makanan takarannya cukup untuk sekali makan. Apabila ada sisa makanan, simpan makanan yang masih ada di kaleng dalam lemari es. Dan saat Anda akan memberikan lagi makanan tersebut, Anda dapat menghangatkan kembali.
  • Tempat pakan kucing harus selalu bersih, sisa makanan terutama untuk makanan basah harus langsung dibuang atau diberikan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya. Apabila kucing tidak ditempatkan didalam kandang letakkan makanan disudut atau tempat tertentu dan jangan dipindah-pindah untuk membiasakan kucing mengeahui secara langsung tempat makanannya diletakkan.
  • Sediakan cukup air minum (air masak / air mineral) dikandang atau ditempat yang dekat dengan tempat makannya, meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.
  • Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan sebaiknya tempat tidur terbuat dari rotan (bahan luarnya) sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku. Hal ini untuk menghindari agar kucing tidak menggaruk sofa atau perabotan rumah tangga lainnya.
  • Kota kotoran harus di isi cat litter (pasir kucing) yang banyak dijual di pet shop super market. Pilihlah pasir yang mempunyai daya serap tinggi sehingga dapat menyerap kencing kucing dengan cepat. Segera buang kotoran kucing sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing 2 kali sehari.
  • Mandikan kucing paling sedikit 3 kali dalam 1 bulan atau 1 minggu sekali dengan menggunakan sampo kucing yang memiliki ph rendah. Setelah itu, lakukan penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat sehingga menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu atau jika tidak bulu-bulu kucing yang tertelan akan mengganggu sistem pencernaannya.
  • Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan. Selain itu, periksakan kesehatan kucing secara rutin kedokteh hewan terdekat.
  • Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan tanda-tanda awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan atau nafsu makan berkurang, pilek atau keluar ingus, BAB lembek atau tidak normal.
Demikian artikel yang berjudul Tips Merawat Kucing Yang Benar, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Tips Merawat Kucing Yang Benar"

Post a Comment