Tips Memilih Jenis Tokek Unggul


Tips Memilih Jenis Tokek Unggul adalah artikel kedua tentang tokek, yang sebelumnya berjudul tips memelihara dan merawat tokek rumah. Yuk kita langsung ke pembahannya. Ketika Anda akan melakukan pemeliharaan tokek, Anda harus memilih bibit tokek yang bersifat unggul. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih bibit unggul tokek.

Tips Memilih Jenis Tokek UnggulWarna Bibit Unggul Tokek.
Carilah bibit tokek yang kulitnya memiliki warna dasar putih dan berbintik merah serta ada bercak kuning pada bagian bawah tubuhnya. Ingat, jangan memilih bibit tokek yang berwarna gelap. hal ini karena kemungkinan tokek tersebut terluka atau cacat yang tidak tampak saat kulit masih beradaptasi dengan warna gelap. Anda juga harus menghindari membeli bibit tokek dengan kondisi sedang berdiam diri sampai berhari-hari. Hal ini karena tokek tersebut berpeluang besar untuk sakit dan mati.

Sorot Mata Memancar.
Tokek yang sehat dapat terlihat dari rorot matanya. Sorot mata tokek yang redup dan agak masuk kedalam menunjukkan bahwa tokek dalam keadaan lemah dan kemungkinan besar akan mati. Mata yang menonjol dan memiliki sorot mata yang tajam dan memancar merupakan ciri tokek yang sehat. Dan apabila tokek tersebut dipelihara untuk perbesaran memiliki peluang keberhasilan yang tinggi.

Ukuran Panjang.
Panjang tokek seringkali menjadi masalah ketika berat tokek sudah memenuhi syarat. Ukuran tokek bibit unggul minimal memiliki panjang 25 cm, standart 30 cm dan yang istimewa memcapai 33cm dengan berat 150 gram. Panjang tubuh diukur dari kepala sampai dengan ekor. Apabila bibit tidak memenuhi syarat panjang tubuh maka Anda tidak mungkin bisa mencapai panjang yang diharapkan ketika tokek sudah mencapai berat tertentu. Tokek yang seperti ini disebut tokek boxer.

Kepala Tokek Besar dan Lebar
Tokek yang unggul memiliki kepala yang berukuran besar. Jadi, ukuran yang besar seharusnya bukan perut. hal ini karena perut bisa berubah ukurannya dari kecil ke besar atau sebaliknya. Sedangkan utnuk ukuran kepala, besar dan kecilnya tidak bisa berubah. jadi kepala tokek lebih mendekati kebenaran apabila digunakan untuk mengetahui usia atau umur tokek. Semakin besar kepala tokek membuktikan usia tokek berusia lebih tua dari pada tokek yang memiliki kepala lebih kecil. Setelah itu dilakukan pengukuran kepala agar anda tahu bahwa tokek tersebut benar-benar berusia tua.

Berat Minimal Bibit Unggul
Tokek yang dianggap unggul harus memiliki berat minimal 150 gram. hal ini karena jika berat tokek dibawah ukuran berat ini akan sulit untuk dilakukan pembesaran. jadi dari tokek yang mempunyai berat minimal 150 gram bisa capai berat yang diinginkan.

Demikian artikel tentang Tips Memilih Jenis Tokek Unggul, semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips Memilih Jenis Tokek Unggul"

Post a Comment