Tips Membangun Kolam Ikan Koi

Apakah anda termasuk penggemar ikan koi? jika Anda tertarik memelihara ikan koi, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Persiapan ini perlu dilakukan agar ikan koi Anda dapat hidup sehat. Persiapan tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut. Inilah tips membangun kolam ikan koi.
    Tips Membangun Kolam Ikan Koi
  1. Mempersiapkan Dikensi Kolam. Ketika Anda memutuskan untuk memelihara ikan koi, perhatikan dimensi kolamnya. Volume air sangat mempengaruhi kesehatan ikan koi. Jika ikan tidak terlalu besar maka buatlah kolam ikan yang tidak terlalu dalam. Setelah itu, perhatikan jumlah populasi ikan koi di dalam kolam.  seimbangkan luas kolam dengan jumlah koi yang akan dipelihara. Kolam yang terlalu besar bisa menyulitkan koi mencari makan.
  2. Pasang Aerator di Dalam Kolam. Aerator berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam kolam. Aerator juga berguna untuk menciptakan arus. Gelembung arus yang ditimbulkan aerator membuat koi sering bergerak.  Hal itu baik untuk perkembangan dan pertumbuhan koi. Tubuhnya akan semakin besar dan semakin gendut.
  3. Haluskan Dinding Kolam. Ikan koi gemar menggesekkan tubuhnya ke dinding kolam. Oleh karena itu, dinding kolam yang bertekstur kasar bisa membuat sirip ikan koi terluka. Untuk itu, pilih jenis material yang halus untuk dinding kolam ikan, misalnya keramik.
  4. Penyinaran. Sinar matahari berperan penting pada kesehatan ikan koi. Dalam sehari, koi membutuhkan asupan sinar matahari minimal tiga jam. Apalagi untukjenis koi hikari atau bersisik mengkilap. Apabila ikan koi kekurangan cahaya matahari akan membuat warna pada tubuh koi memudar. Maka ciptakan kolam yang cukup terang. Apabila kolam ikan koi Anda berada di dalam ruangan, Anda bisa menyinarinya dengan lampu pijar.
Demikian artikel tentang tips membangun kolam ikan koi, semoga bermanfaat.
 
(Foto dikutip dari aquide.com)
 
 


0 Response to "Tips Membangun Kolam Ikan Koi"

Post a Comment