Tips Memelihara Dan Merawat Tokek Rumah

Tips Memelihara Dan Merawat Tokek Rumah adalah artikel yang baru saya tulis khusus untuk pembaca setia blog infoqudrat tentunya. Baiklah kita langsung saja ke pembahasannya. Kini, tokek telah menjadi binatang peliharaan bagi sebagian besar orang semenjak mereka mengetahui harga tokek yang melambung tinggi. Selain itu, masyarakat pun kini menyadari bahwa ternyata tokek memiliki morfologi tubuh dengan corak yang bermaam-macam. Apabila Anda tertarik ingin memelihara tokek, berikut beberapa tips perawatannya.

Tempat Pemeliharaan.
Tips Memelihara Dan Merawat Tokek RumahSecara umum tokek akan menyukai tempat-tempat yang sunyi atau jauh dari kebisingan dan jauh dari jangkauan manusia. Oleh karena itu, tokek dalam kebiasaannya selalu memilih tempat di plafon rumah, dibalik lukisan dan di balik jam dinding. Melihat kondisi tersebut, maka Anda harus merencanakan tempat yang sesuai untuk tokek. Untuk memelihara tokek Anda dapat menggunakan kandang yang ukurannya disesuaikan ukuran dari tokek yang Anda pelihara. Misalnya Anda memelihara tokek dengan panjang kurang lebih 17 cm maka Anda dapat menggunakan kandang dengan ukuran 30 cm. Hal ini dimaksudkan agar tokek tidak terlalu banyak aktifitas, jangkauan makanan (jangkrik dan air minum) dekat dan memudahkan pengawasan. Jeruji atau kandang bisa menggunakan jaring kawat dengan lubang-lubang kecil supaya jangkrik sebagai pakan tokek tidak keluar dari kandang. Apabila kandang berukuran 30x30 cm, kandang tersebut dapat di huni dua ekor tokek kecil.

Makanan.
Pada dasarnya tokek menyukai serangga. Namun jangkrik dianggap sebagai pakan yang paling bagus untuk tokek. Hal ini karena jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi. Adakalanya Anda juga bisa memberikan telur ayam yang dicampur dengan madu secukupnya untuk menambah gizi tokek.

Minuman.
Minuman buat tokek bisa berupa air putih saja atau ditambah dengan gula jawa atau madu. Gula jawa dan madu ini bisa menambah vitalitas tokek dan mempercepat penggemukan.

Membersihkan Kandang.
Penempatan kandang sangat penting guna mempermudah pembersihan kandang. Sebaiknya peletakkan kandang tokek bisa menempel di dinding oleh karena itu, Anda bisa menggunakan siku L atau dalam bentuk kotak dengan kaki-kaki penyangga. Hal ini bertujuan agar kotoran tokek tidak merusak alas kandang. Pembersihan kotoran bisa dilakukan 1 minggu sekali, karena pada dasarnya tokek tidak terlalu sering buang kotoran dan untuk menghindari kontak yang berlebihan dengan manusia.

Demikian artikel tentang Tips Memelihara Dan Merawat Tokek Rumah, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memelihara Dan Merawat Tokek Rumah"

Post a Comment