Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium

Ikan arwana dapat hidup baik di akuarium. Akan tetapi, ikan tersebut dapat hidup baik di akuarium apabila akuariumnya mampu mendukung kehidupan arwana. Akuarium yang seperti apakah yang sesuai untuk arwana? Inilah tips memelihara ikan arwana dalam akuarium.

A. Akuarium dan Perlengkapan yang Memenuhinya.
Berhasil tidaknya akuarium menjadi yang nyaman bagi ikan arwana, sangat dipengaruhi oleh kelengkapan sarana pendukungnya.
    Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium
  • Aerator. Fungsi aerator atau pompa udara adalah menyuplai udara ke dalam air akuarium sekaligus menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. Aerator dikatakan baik, jika arus listrik yang menggerakkannya kecil, tetapi udara yang ditiupkannya relatif banyak.
  • Heater dan Thermometer. Alat pemanas (heater) ini diperlukan pada waktu suhu air akuarium turun secara drastis. Sedangkan alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang dalam akuarium. Di daerah dingin, heater dan termometer ini sangat dibutuhkan.
  • Filter. Fungsi filter atau  penyaring air dalam akuarium. Filter ini berfungsi untuk menyedot air akuarium, menyaring dan mengembalikannya lagi ke dalam akuarium dalam kondisi bersih.
  • Lampu TL. Keberadaan lampu TL, selain menyinarkan cahaya, juga untuk mempercantik penampilan akuarium. Akan tetapi, sinar lampu TL justru dapat menimbulkan panas yang melebihi kebutuhan. Idealnya untuk akuarium seluas 80 x 40 cm memerlukan lampu TL berdaya 20 watt.
  • Rajin melakukan perawatan akuarium. Mau tak mau jika Anda terlanjur mencintai ikan arwana dalam akuarium, Anda harus rajin melakukan perawatan. Dengan perawatan yang baik, maka penampilan arwana dalam akuarium tampak sehat, segar dan menyenangkan.
B. Pemberian Makanan yang Sesuai Kebutuhan Arwana.
Makanan utama ikan arwana dalam akuarium adalah kelabang. Akan tetapi arwana jangan terus-menerus diberi kelabang. Sebaiknya divariasikan dengan makanan lain. Contohnya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik.

C. Pengontrolan dan Penggantian Air.
Setiap hari Anda harus mengontrol suhu dan pH air. Adapun suhu air ideal bagi ikan arwana sekitar 25-27 derajat Celcius. Andaikata suhu air dingin, segera nyalakan heater hingga suhu air sesuai kebutuhan. Sedangkan pH yang dikehendaki sekitar 6-8,5. Andaikan pH terlalu rendah, maka tambahlah kapur kedalam akuarium. Selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan pula, silakan mengobati air akuarium dengan Malachite green, dengan frekwensi 3 minggu sekali.

Dan jangan lupa, air akuarium juga perlu diganti. Namun penggantiaa air dipilahkan menjadi dua, yakni :
  • Penggantian air secara reguler setiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruh volume air akuarium, dan
  • Total penggantian air dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jika Anda menggunakan air PAM, sebaiknya dibiarkan 24 jam terlebih dahulu agar kandungan khlor mengendap dan setelah itu arwana baru dimasukan kedalam akuarium.
D. Penataan Interior Akuarium.
Kehidupan di dalam akuarium merupakan replika lingkungan hidup di alam bebas. Oleh karena itu, perlu penataan interior dalam akuarium. Hal ini berarti menuntut apresiasi estetika, sehingga perpaduan antara keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa yang harmonis.

E. Tanaman Air.
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang suka bersembunyi di bawah tanaman air, maka Anda juga harus menyediakan tanaman air. Ada beberapa jenis tanaman air yang dapat dipilih antara lain: Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Higrophila polisperma, Pistia stratiotes, Najas indica.

F. Pasir Batuan.
Pasir digunakan sebagai landasan peletakan batuan. Sebaiknya Anda menggunakan pasir sungai, yang masih bercampur dengan humus. Disamping itu, Anda juga perlu memberi batuan dan karang-karangan. Ukuran batu yang ideal berdiameter 3 mm. Batuan tersebut memiliki berbagai corak dan warna yang beragam serta indah dipandang.

Demikian artikel tentang  tips memelihara ikan arwana dalam akuarium, semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium"

Post a Comment