Memaksimalkan Kemolekan Ikan Hias Arwana

Memaksimalkan Kemolekan Ikan Hias ArwanaMemaksimalkan Kemolekan Ikan Hias Arwana adalah artikel yang saya tulis di kesempatan yang baik ini. Sahabat pembaca setia blog infoqudrat, mari kita langsung saja ke pembahasannya ya. Untuk mendapatkan ikan arwana dengan keindahan yang maksimal dapat Anda lakukan dengan perawatan yang benar. Perawatan tersebut dapat dimulai dari akuarium, dengan menjaga kualitas air dan memberi pakan yang tepat. Untuk akuarium setidaknya Anda menggunakan akuarium dengan ukuran 140 cm x 70 cm x 60 cm. Ukuran tersebut digunakan apabila ikan Anda berukuran 20-30 cm dengan bentuk ideal persegi panjang. Anda perlu menggunakan akuarium dengan ukuran tersebut agar ikan hias arwana Anda lebih leluasa berenang. Adapun akuarium yang berukuran kecil dapat menghambat pertumbuhan ikan bahkan dapat menyebabkan ekor menjadi patah dan punggung bengkok.

Untuk airnya, masukkan hingga 2/3 dari tinggi akuarium. Sebaiknya Anda menggunakan air tanah. Apabila Anda menggunakan air PAM maka air tersebut diendapkan terlebih dahulu selama minimal 24 jam. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan air minum isi ulang, akan tetapi air tersebut telah kehilangan bakteri pengurai yang bermanfaat. Hal ini karena air tersebut telah mengalami proses sterilisasi. Sebelum dimanfaatkan, pastikan kualitas air sesuai syarat. Syarat tersebut yaitu memiliki derajat keasaman air (pH) 6.5-7.5 dengan kesadaan (dH) 3-5. Akuarium juga perlu dilengkapi dengan heater, sebab ikan hias arwana memerlukan kisaran suhu stabil antara 28-29 derajat celcius. Sedangkan kebutuhan oksigen terlarut lebih dari 5ppm dipenuhi dengan memasang aerator. Agar air tetap dalam kedaan bersih akuarium juga harus dilengkapi filter.

Ikan hias arwana tergolong ikan yang sangat peka terhadap kondisi air, Perubahan kualitas air secara mendadak, dapat menyebabkan ikan arwana malas berenang, sisik menjadi terbuka, hilang nafsu makan dan tubuh menjadi lemah. Pada saat itu penyakit akan mudah menyerang. Sebaiknya kualitas air diperiksa setiap hari dan Anda perlu mengganti air sebagai alternatif uuntuk menjaga agar air tetap bersih dan terjaga kualitasnya. Penggantian air akuarium dapat dilakukan 2-3 bulan. Hal ini agar akuarium terbebas dari kuman-kuman penyakit yang menempel didinding akuarium.

Untuk pakannya Anda dapat memberikan secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Jika ikan hias arwana kita berukuran dibawah 15 cm diberi pakan anak kodok, udang, ikan kecil dan ulat hongkong secara bergantian. Setiap pemberian pakan, Anda dapat memberikan 3 ekor anak kodok berukuran 3 cm, atau 5-8 ekor untuk pakan ikan kecil. Selain itu, Anda juga dapat memberikan udang dan ulat hongkong per ekor untuk satu arwana.

Ikan hias arwana yang berukuran diatas 15 cm Anda dapat memberi 5-6 ekor anak kodok yang berukuran 3-5 cm, 10-15 ekor jangkrik, ikan dan udang berukuran 7-8 cm, atau 8 ekor kelabang berukuran 10 cm. Sebelum di berikan ke ikan hias arwana Anda harus mencuci pakan tersebut hingga bersih. Adapun kodok, udang, ikan kecil sebelum diberikan kepada arwana, harus Anda tampung terlebih dahulu di dalam bak atau akuarium minimal 12 jam. Pakan tersebut dapat Anda berikan dengan cara di lempar satu persatu kedalam akuarium arwana hingga habis tersantap.

Untuk dapat memaksimalkan kemolekan ikan hias arwana memang membutuhkan kesabaran, agar arwana tersebut dapat terus tampak anggun dengan sisik berkilau dan tetap rapi disekujur tubuhnya.

Demikian artikel tentang Memaksimalkan Kemolekan Ikan Hias Arwana.


0 Response to "Memaksimalkan Kemolekan Ikan Hias Arwana"

Post a Comment