Cara Menambah Bobot Tokek

Bagi Anda yang memelihara tokek dengan tujuan untuk penggemukan, berikut ada cara-cara yang bisa Anda lakukan agar tokek bisa bertambah bobotnya. Inilah Cara Menambah Bobot Tokek.

Membuat kandang Khusus Untuk Tokek.
Cara Menambah Bobot TokekKandang dibuat tertutup, namun juga harus memiliki ventilasi yang baik untuk menjaga agar  kandang tidak terlalu lembap sehingga tokek dapat mengering. kandang yang tertutup akan membuat tokek nyaman saat makan, juga nyaman saat istirahat. Hal ini karena pada saat istirahat tokek akan semakin bertambah besar.

Letakkan kandang di Tempat Yang Sunyi.
Setelah tokek ditempatkan pada kandang yang tepat seperti diatas, letakkan kandang tersebut di tempat yang sunyi, jauh dari lalu lalang dan hingar bingar kegiatan manusia. hal ini karena tokek tidak menyukai kebisingan.

Kandang Ditutup Dengan Kain Hitam.
Jika Anda tidak memiliki tempat sunyi, Anda bisa menutup kandang tokek dengan kain hitam. Apabila ditutup dengan kain hitam maka tokek tidak akan dapat melihat keluar, sehingga tokek tidak merasa ada ancaman yang membuatnya malu untuk makan.

Memberi Makan Tokek Secara Teratur.
Sebaiknya Anda memberi makan tokek pada malam hari. Anda dapat memberi makan sebanyak 4 x sehari, dilakukan setiap 2 jam dimulai dari pukul 17.00 atau sore hari. Namun sekali makan Anda cukup memberinya 3-4 ekor jangkrik saja. Hal ini untuk menjaga nafsu makan tokek.

Kandang Digelapkan.
Dengan menggelapkan kandang pada siang dan malam hari bertujuan agar tidak ada sinar yang masuk ke kandang. Dengan demikian diharapkan terjadi penambahan bobot tokek yang semakin pesat.

Mengoleskan Lemak Babi Pada Kandang Tokek.
Lemak babi disinyalir dapat meningkatkan daya tahan tubuh tokek sehingga tokek akan bertambah nafsu makannya. Lemak babi ini dapat diberikan dengan cara dioleskan pada ram kandang tokek dan tokek pun akan menjilatinya. Selain itu, lemak babi dapat juga dipotong kecil-kecil kemudian disuapkan sedikit-sedikit hingga tokek sudah tidak mau makan lagi. Tetapi ingat, potongan lemak babi harus lebih kecil dari ukuran mulut tokek.

Demikia artikel tentang Cara Menambah Bobot Tokek, semoga dapat  bermanfaat.


0 Response to "Cara Menambah Bobot Tokek"

Post a Comment