Inilah Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cantik Nan Sempurna

Inilah Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cantik Nan SempurnaApa kabarnya Sobat pembaca infoqudrat, selamat datang kembali di blog kesayangan Anda, Oya pada kali ini saya menulis artikel baru yang berjudul Inilah Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cantik Nan Sempurna, tertarik untuk mengetahui seperti apa tipsnya? baiklah yuk kita langsung saja ke pembahasanya. Hal pertama untuk mendapatkan kulit cantik adalah memiliki kulit yang bersih dan sehat. Langkah-langkah seperti apa agar kulit benar-benar bersih dan sehat? ikuti rangkaian tips ini.

1. Pilih Sabun yang Tepat.
Sabun termasuk bagian primer dari kehidupan kita. Saat mandi pagi dan sore ataupun sekedar membasuh muka atau tangan, kita memakai sabun dengan alasan higienis. Banyak jenis sabun, terutama yang benbertuk bar atau batangan.Memakai sabun juga tidak sembarangan ada hal-hal yang harus diperhatikan. Bila tidak dibilas dengan bersih, sisa-sisa sabun juga berkecenderungan menutup pori-pori yang dalam jangka panjang akan berakibat munculnya komedo. Banyak orang yang merasa kulitnya terasa kencang setelah dibersihkan. Padahal rasa kencang inilah sebenarnya yang merupakan bagian dari proses kulit yang mengering dan teriritasi. Apabila kulit terasa kencang lebih dari 3 menit, inilah saatnya kita membalurkan pelembap agar kulit menjadi lebih lembut dan lembap. Terutama bagi kita yang telah berusia 35+ yang kadar kolagennya (pelembap alami) sudah mulai berkurang. Pilih sabun batangan yang mengandung gliserin, petroleum dan beeswax. Ke tiga formula ini dapat melindungi  dan mencegah kulit dari iritasi dan jerawat serta membuat kulit terasa kenyal. Bisa juga dipilih sabun berbahan dasar alami. Sabun batangan sebaiknya disimpan dalam tempat yang tertutup supaya tidak terkontaminasi dengan udara luar. Sebelum mengaplikasikannya pada tubuh, bilas terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel pada permukaan larut, Demikian pula setelah dipakai, bilas kembali dengan air baru setelah itu masukkan pada tempatnya.

2. Sabun Cair.
Sabun cair kini lebih diminati dibandingkan dengan sabun batangan. Sebenarnya kandungannya sama saja, namun kepraktisannya lebih diminati oleh masyarakat urban. Beberapa orang juga berpendapat bahwa sabun cair jauh lebih higienis dibandingkan sabun batangan. Faktanya, sabun batangan yang bisasanya diletakkan ditempat terbuka, memang biasanya mengandung bakteri mikro dipermukaannya. Namun masih dalam taraf aman alias tidak berbahaya. Meski lebih higienis, orang cenderung memakai sabun cair dengan boros karena sifatnya yang cair. Sabun cair yang beredar dipasaran mayoritas adalah sabun cair yang mengandung kandungan alami seperti minyak zaitun yang baik untuk melembapkan dan shea butter yang cocok untuk mengencangkan. Beberapa sabun mandi anti bakteri memiliki daya bersih yang kuat. Sayangnya beberapa sabun memiliki daya membersihkan yang terlalu kuat sehingga terlalu keras bagi kulit kita. Jadi pilihlah dengan aman! Ada sabun cair yang hanya bisa dipakai untuk wajah dan tangan, ada juga yang bisa digunakan untuk semuanya. Perhatikan label dengan baik agar tidak salah, ya!.

3. Macam-macam Sabun.
  • Transparent Soap: Sabun transparan ini mudah sekali larut karena mempunyai sifat lama mengering.
  • Acne Soap: Sabun yang dikhususkan untuk membunuh bakteri pada jerawat (dipunggung/muka) seringkali sabun jerawat ini mengakibatkan kulit kering. Bila pemakaiannya dibarengi dengan penggunaan produk anti jerawat lain, maka kulit akan teriritasi. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika memberi pelembap atau setelah menggunakan sabun jerawat.
  • Cosmetic Soap: Sabun yang mengandung formula khusus yang memberikan hasil tertentu pada wajah atau tubuh, misalnya untuk memutihkan wajah atau tubuh (whitening soap).
  • Superfatted Soap: Banyak kandungan minyak dan lemaknya sehingga membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Sabun ini sangat cocok untuk wanita usia 35+ karena mengandung gilserin, petroleum dan besswax dan dapat melindungi  dan mencegah kulit dari iritasi dan jerawat.
  • Oatmeal Soap: Kandungan gandum yang bersifat anti iritasi dibandingkan sabun lain. Sabun gandum ini lebih baik dalam menyerap minyak dan menghaluskan kulit kering dan sensitif.
  • Natural Soap: Sabun alami yang mempunyai formula sangat lengkap misalnya vitamin, ekstrak buah, minyak nabati, ekstrak bunga, aloe vera dan esemtial oil. Sangat cocok untuk semua jenis kulit. Kemungkinan membahayakan sangat kecil.
Hal yang harus diperhatikan lakukan scrubbing setelah tubuh diberi sabun atau sembari berendam bila kulit tergolong normal. Bila kulit kering, lakukanlah sebelum mandi lalu oleskan pelembap usai mandi. Hindari air bersuhu tinggi (panas) karena akan mengkikis lapisan minyak alami kulit. Formula yang perlu dihindari dari sebatang sabun: Sodium Hydroxide dan alkohol, karena dapat menyebabkan kulit iritasi dan kering. Formula anti bakteri hanya membersihkan bagian luar saja tetapi tidak mematikan kuman-kuman dan bakteri yang ada pada jerawat.

Demikian postingan saya yang berjudul  Inilah Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cantik Nan Sempurna, semoga bermanfaat. Nantikan postingan saya selanjutnya. Salam.

Source : Tabloid Nova Edisi 1300/XXV.


 

0 Response to "Inilah Tips Untuk Mendapatkan Kulit Cantik Nan Sempurna"

Post a Comment