Cara Meningkatkan Visitor Blog dengan SEO Off Page

Selamat datang kembali sobat pembaca setia blog infoqudrat, baiklah untuk postingan baru kali ini saya menulis kembali sebuah artikel dengan judul Cara Meningkatkan Visitor Blog dengan SEO Off Page, sebagaimana sobat ketahui bahwa dari sekian banyak cara mendatangkan visitor atau pengunjung blog salah satunya adalah dengan menerapkan SEO off page. Apakah SEO off page itu? SEO off page adalah kebalikan dari SEO on page yaitu optimasinya fokus pada eksternal web. Baiklah sobat, bagaimanakah triknya, yuk kita langsung saja pada pembahasannya berikut ini.
Cara Mengingkatkan Visitor Blog dengan SEO Off Page
1. Blogwalking.
Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain, lalu memberi komentar disana. Pada saat memberi komentar, kita akan menyertakan link atau alamat blog kita pada bagian nama pemberi komentar. Kegiatan blogwalking ini sangat bagus untuk mendapatkan backlink guna optimasi off page dan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan trafik pengunjung blog.

2. Melakukan Ping.
Ping atau yang dikenal dengan Paket Internet Gopher adalah kegiatan dimana kita akan mengirim paket ke sebuah alamat IP untuk menguji konektivitas dan respon dari alamat IP tersebut. Ping ini bisa menjadi sarana untuk memberi tahu Google bahwa blog kita baru saja melakukan update terbaru. Dengan begitu Google akan mengecek ke blog kita lalu mengkin saja Google akan segera mengindeks postingan terbaru kita. Ada banyak penyedia layanan Ping di Internet misalnya www.googleping.com, www.pingomatic.com dan banyak lagi silahkan diterapkan.

3. Submit Artikel ke Situs Social Bookmark.
Trik yang satu ini cukup ampuh, dan akan memberi dampak bagus bagi optimasi SEO blog sobat. Situs social bookmark adalah situs yang memberi layanan kepada para pemilik blog/website untuk mengirimkan konten mereka untuk selanjutnya ditampilkan di situs direktori tersebut. Kegiatan submit artikel ke situs social bookmark akan membantu artikel blog kita ter-inseks pada hasil pencarian teratas mesin pencari Google. Untuk itu sebagai trik SEO off page silahkan sobat submit artikelnya ke berbagai situs social bookmark. Beberapa situs social bookmark adalah sebagai berikut :

Social bookmark luar negeri :
  • http://digg.com/
  • http://stumbleupon.com/
Sementara untuk situs social bookmark di Indonesia, Sobat dapat mencoba layanan dari situs:
  • http://infogue.com/
  • http://lintas.me/
Ketika sobat sudah berhasil membuat sebuah artikel terbaru di blog sobat, maka usahakan untuk segera men-submit artikel tersebut ke berbagai direktori artikel yang bisa kita manfaatkan.

4. Promosikan Blog Sobat di Situs Jejaring Sosial.
Memanfaatkan jejaring sosial juga merupakan trik SEO off page. Sebab kita mempromosikan situs blog kita lewat jejaring sisial, maka kita memberi backlink pada blog tersebut. Ada banyak untuk promosi blog di jejaring sosial salah satunya melalui tweet yang sobat buat di akun Twitter Sobat.

5. Membuat berbagai Blog Pendukung.
Membuat dan memanfaatkan blog pendukung termasuk strategi SEO yang cukup bagus. Blog-blog pendukung yang sobat buat sangat banyak manfaatnya, pertama bisa dijadikan sebagai sarana penyumbang backlink bagi blog utama sobat. Kemudian yang kedua, blog pendukung yang sobat buat dapat dipakai sebagai sarana untuk menambah penghasilan sobat. Entah itu dengan menjual produk afiliasi lewat blog-blog pendukung, ataupun langkah monetisasi lainnya, seperti lewat iklan PPC, menjual produk sobat sendiri, iklan mandiri, dan lain sebagainya.

Jika nanti blog pendukung sobat sudah jadi, maka sesekali sobat dapat menghubungkan salah satu posting di blog pendukung dengan posting di blog utama. Nah dari hal semacam ini, kegiatan membangun link (link building) untuk SEO off page bisa dilakukan. Ilustrasi kegiatan membangun link lewat blog pendukung bisa digambarkan seperti ini.
SEO Off Page
Gambar : Ilustrasi kegiatan membangun link lewat blog pendukung

Tidak harus 7 blog, cukup dua atau tiga blog saja sudah cukup. jadi kesimpulannya, blog pendukung yang kita buat bisa menjadi sarana pemberi backlink kepada blog utama kita. Dengan sokongan backlink yang baik, maka blog utama kita akan semakin matap posisinya di pencarian Google.

Demikian, artikel dengan judul Cara Meningkatkan Visitor Blog dengan SEO Off Page, mudah-mudahan bermanfaat. Sekian dulu, nantikan postingan baru saya di lain kesempatan Salam.

Gambar : dikutip dari http://webdigia.com.


0 Response to "Cara Meningkatkan Visitor Blog dengan SEO Off Page"

Post a Comment