Inilah Tips Cara Menjinakkan Burung Kicauan

Burung jinak merupakan salah satu syarat agar burung bisa menjadi gacor. Burung jinak bukan berarti burung yang diam saja ketika dipegang, atau mendekat kalau didekati orang. Burung jinak secara umum adalah burung yang bebas dari tekanan disekitarnya, burung yang tidak takut kepada makhluk hidup disekitarnya terutama terhadap manusia.

photo menjinakkan burung kicauanUntuk menjinakkan ada beberapa tips berikut yang dapat Anda lakukan, inilah tips cara menjinakkan burung kicauan sebagai berikut :

Apabila Anda mempunyai burung yang terlalu liar, maka kandangnya dapat Anda gantung di tempat yang agak tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan kandang ditempat yang ramai. Yaitu, tempat yang biasa dilewati anggota keluarga. Jadi, Anda jangan menempatkan burung ditempat yang tersembunyi. Biasakan burung ditempat tersebut selama sekitar sepekan. Setelah itu, posisi kandang agak diturunan. Lakukan selama sepekan. Kemudian posisi kandang diturunkan lagi hingga ke posisi normal. Jika rumah Anda dekat dengan jalan raya atau kampung, biasakan Anda menggantung burung dihalaman rumah dekat jalan itu.

Anda juga dapat mebiasakan memandikan burung dikaramba dengan waktu yang agak lama. Apa bila burung tidak mau mandi, Anda dapat menyemprot burung menggunakan semprotan sampai burung basah kuyup. Setelah itu, biarkan burung di karamba, hingga bulu-bulunya agak kering.

Menjelang malam hari, kosongkan tempat pakan. Kondisikan burung dalam keadaan kelaparan pada pagi harinya. Dalam kondisi seperti itu, Anda dapat menyuapkan jangkrik menggunakan lidi. Apa bila burung tidak mau mematuk jangkrik biarkanlah dahulu. Kemudian lima atau sepuluh menit Anda dapat melakukan hal yang sama. Apabila burung masih belum mau, tunggu sampai sekitar pukul 10.00. Setelah burung mau mematuk satu jangkrik, sorongkan satu jangkrik lagi menggunakan lidi. Setelah itu isi tempat pakan dengan kroto satu sendok teh saja. Setelah itu lakukan secara rutin pada pagi dan sore hari.

Proses ini kuncinya adalah membuat burung kelaparan dan merasa tergantung pada manusia dan "terpaksa" harus berani kepada manusia. Karena kuncinya membuat burung lapar, oleh karena itu Anda harus senantiasa mengosongkan wadah pakan dan Anda cukup melatihnya makan jangkrik.

Menjinakkan burung dengan cara seperti diatas memang membawa sejumlah konsekwensi, misalnya burung yang semula sudah mau bunyi, menjadi agak macet karena stress. Burung yang semula mulus, menjadi luka atau rusak bulunya. Akan tetapi hal tersebut masih dalam tingkat wajar.

Demikian, artikel tentang  inilah tips cara menjinakkan burung kicauan, semoga berguna.


0 Response to "Inilah Tips Cara Menjinakkan Burung Kicauan"

Post a Comment