Apakah Itu Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine OptimizationMenurut Wikipedia, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari search engine menuju suatu website dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma search engine. Baiklah definisi apakah itu Search Engine Optimizatin (SEO) adalah sebagai berikut :
  • "Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis" berarti SEO tidak dilakukan dengan satu-dua proses saja dan tidak berdasarkan keberuntungan. Dengan demikian, SEO bukanlah cara cepat untuk memasarkan website Anda. Sebaliknya, Anda harus bekerja cerdas dan keras.
  • "Untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari search engine", berarti SEO fokus pada peningkatan traffic dari search engine, bukan pada iklan PPC (Pay Per Click) atau pada hal lainnya. Bagaimana caranya? Dengan menempati posisi yang bagus di search engine. Posisi bagus yang dimaksud adalah posisi dihalaman-halaman awal, bahkan halaman pertama, dan kalau bisa, peringkat teratas untuk kata kunci yang kita tuju.
  • "Memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma search engine" berarti dalam melakukan SEO,kita harus memahami cara kerja search engine, seperti bagaimana ia membaca dan mengindeks website, babaimana ia mangurutkankan website ranking, mengapa ia mengganti algoritma ranking, serta bagaimana dan kapan ia memperbarui algoritma ranking.
  • Ada dua jenis SEO, yaitu On-page dan Off-page Optimization. On-page Optimization merupakan optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kita olah dalam optimasi ini, termasuk Title Tag, Header Tags, Meta Deskription Tag, Meta Keyword Tag, Alt Tag, Page Content, dan sebagainya. Sedangkan Off-page Optimization adalah optimasi yang dilakukan pada sisi eksternal website, misalnya backlinks.
Demikian postingan kati ini tentang Apakah Itu Search Engine Optimization (SEO), mudah-mudahan bermanfaat.


0 Response to "Apakah Itu Search Engine Optimization (SEO)"

Post a Comment