Bagaimana Cara Memilih Sangkar Burung Yang Baik?

Pembaca setia blog infoqudrat, pada kesempatan ini saya membuat postingan baru dengan judul bagaimana cara memilih sangkar burung yang baik?. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih sangkar untuk burung Anda.
    photo cara memilih sangkar burung
  • Pilihlah sangkar burung yang besar atau luasnya sesuai dengan burung peliharaan Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran badan burung dan karakteristiknya.
  • Ada beberapa burung yang badannya kecil, namun sangat aktif terbang atau meloncat-loncat. Untuk burung jenis seperti ini Anda memerlukan sangkar yang ukurannya lebih besar.
  • Pilihlah sangar burung dengan bahan yang tepat. untuk burung-burung berukuran kecil, Anda bisa menempatkan burung tersebut disangkar yang terbuat dari batang bambu. Akan tetapi apabila ukuran burung yang anda pelihara agak besar, akan lebih baik apabila Anda memilih sangkar burung yang terbuat dari kawat. Beberapa burung terkadang suka mematuk-matuk sangkar. Apabila sangkar terbuat dari batang bambu tipis, ruji sangkar bisa banyak yang patah dan burung Anda bisa kabur dengan mudah.
  • Jika sangkar burung terbuat dari bambu, pastikan ruji-rujinya telah dihaluskan atau diampelas, sehingga batang-batang ruji tidak melukai burung. Demikian pula dengan sangkar burung yang terbuat dari kawat besi, periksa apakah tidakada ujung kawat yang nyembul yang bisa melukai burung.
  • Sangkar bambu yang baik adalah sangkar yang terbuat dari bambu-bambu yang sudah tua, sehingga kualitas dan kekuatan ruji sangkar cukup bagus.
  • Pastikan sangkar burung yang akan Anda beli memiliki batang ruji yang tidak terlalu rapat atau longgar, burung bisa mengoyaknya dengan mudah (kalau terbuat dari bambu) hingga ia bisa melepaskan diri keluar sangkar dengan bebas.
  • Pilih sangkar burung dengan warna yang cocok dengan burung yang Anda pelihara. Sebisa mungkin jangan pilih sangkar dengan warna yang serupa dengan burung, karena apabila memiliki warna yang sama, maka burung peliharaan Anda jadi kurang terlihat dari luar. Hal ini tentu akan mengurangi keindahan burung yang Anda pelihara.
  • Untuk Alas kandang (penampung kotoran), pilih yang berukuran agak tebal. Anda bisa menggunakan alas dari papan kayu atau triplek. Apabila Anda khawatir bahan tersebut tidak awet, Anda bisa menggunakan lempengan seng sebagai pengganti.
  • Anda perlu memberi perlengkapan kandang dengan batang sebagai tempat bertengger. batang untuk bertengger ini harus berupa kayu pohon asam sebagai tempat tenggeran. Anda juga bisa menggunakan batang pohon lain asal kuat dan tidak mudah rusak.
  • Jika sangkar burung agak besar, beri tenggeran lebih dari satu. hal ini akan membuat burung Anda tidak bosan karena dapat berpindah tempat untuk berkicau.
Demikian postingan tentang bagaimana cara memilih sangkar burung yang baik? semoga bermanfaat bagi Anda yang suka memelihara burung.


0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Sangkar Burung Yang Baik?"

Post a Comment