Tips Untuk Blogging Yang Efektif

Blog merupakan media yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan layanan atau produk yang dijual. Supaya bisa efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Baiklah to de point saja, tips untuk blogging yang efektif ialah sebagai berikut :

Tips Untuk Blogging Yang Efektif1.    Posisikan Diri Sebagai Pakar.
Sebagai pemilik blog sekaligus produk atau layanan, sangat penting untuk memosisikan diri sebagai pakar dibidang yang digeluti. Posting yang dibuat harus menjawab kebutuhan pengguna sekalugus memberi solusi.
Ketika terjadi komunikasi dengan pembaca, misalnya melalui fasilitas komentar, jangan sekali-sekali memberi kesan bahwa anda ragu atau tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan. Anda harus memberi jawaban yang pasti dan memberi kesan kuat.
Jadi tulisan topik yang terkait dengan apa yang terjadi pada perusahaan, namun disaat yang sama paparkan hal yang menarik, penting dan bermanfaat tentang berbagai hal yang terjadi pada bidang yang anda geluti. Jika anda konsisten, pengunjung akan menganggap blog anda sebagai sumber kredibel dan anda akan dipercaya sebagai ahli untuk bidang itu.

2.    Bagi Pengalaman dan Informasi
Pembaca menyukai tulisan yang berisi panduan tentang sesuatu, atau pengalaman seseorang pada sesuatu. Jadi dalam posting pemilik blog harus mau berbagi pengalaman dan informasi. Sewaktu-waktu anda bisa menulis berbagai kisah sukses yang terjadi pada industri yang digeluti. Anda juga bisa meminta pembaca memaparkan pengalaman atau kesuksesan yang mereka alami.
Pemilik blog juga harus jeli menggali peluang untuk membagikan ide seputar produk kepada calon pelanggan. Misalnya dengan mengumumkan event tertentu (misalnya peluncuran produk baru), kontes, pemberian award dan berita lainnya.
  
3.    Beri Solusi.
Banyak blog bisnis yang terlalu fokus pada promosi serta mencoba meningkatkan penjualan, dan melupakan satu hal penting. Yakni memberi solusi pada persoalan yang dihadapi pembaca. Sebuah blog yang bisa memberi solusi dan menawarkan alternatif jalan keluar pada masalah yang dihadapi pelanggan akan disukai pembaca.
Jadi cobalah memikirkan apa kira-kira masalah yang dihadapi pembaca. Jika merasa enggan untuk berfikir, tanyakan langsung kepada pembaca. Kemudian tuliskan solusi itu dalam bentuk tip dan trik.

4.    Tetap Segar dan Kombinasikan.
Blog harus di-update secara berkala, dengan konten yang segar. Kombinasikan teks dengan gambar serta video. Jika terpaksa mengurangi berita terdahulu (misalnya mengingatkan tentang agenda atau event tertentu), pastikan bahwa konten lama itu menjadi segar dengan mendaur ulang tulisan.

5.    Berinteraksi dan Terima Masukan
Dengan blog anda bisa berinteraksi dan menerima masukan dari pembaca atau pelanggan. Biasanya masukan (dan mungkin juga kritik) disampaikan melalui fasilitas komentar. Pastikan anda selalu membalas komentar atau masukan dari pembaca. Jika komentar pembaca tidak ditanggapi, anda akan dianggap tidak peduli pada pelanggan.
Jika diperlukan anda juga bisa membuat halaman khusus yang berisi pertanyaan umum yang biasa diajukan beserta jawaban (Q&A). Lengkapi blog dengan fasilitas share sehingga pembaca bisa membagi konten di blog kesejumlah media sosial, seperti facebook, Twitter atau Google+.

6.    Jadikan Blog Sebagai Pusat.
Jadikan blog anda sebagai pusat dari berbagai kegiatan terkait promosi, Karena sebagai pemilik blog, beda dengan misalnya Facebook, Twitter atau Google+ yang punya kebijakan tertentu dan kadang kala berubah seiring berlalunya waktu.
Dengan blog sebagai pusat kegiatan anda bisa merancang berbagai ‘cabang’ kegiatan terutama untuk media sosial.

7.    Tautan Balik ke Blog.
Usahakan untuk selalu membuat tautan balik (backlink) ke blog atau posting terkait. Gunakan tag dan kata kunci agar tulisan yang dibuat disukai mesin pencari.

8.    Loyalitas Pembaca Tak Bisa Dibeli.
Loyalitas pembaca tak bisa dibeli dengan uang. Loyalitas juga tak bisa tumbuh dengan sogokan atau iming-iming hadiah. Loyalitas tumbuh secara alamiah, dan itu memerlukan proses. Loyalitas akan tumbuh jika pembaca mempercayai anda dan anda mengenal mereka. Jadi pikirkan kira-kira topik apa yang disukai pembaca dan paparkan dengan cara yang unik dan dari sudut pandang berbeda.
Membuat blog yang dihormati dan populer itu perlu waktu, dan tentu tak akan terwujud dalam semalam, atau satu dua bulan Jadi fokuslah pada konten yang berkualitas, dan gunakan situs media sosial untukmembagikan tulisan yang dibuat.
Sedapat mungkin, balaslah komentar yang diberikan pembaca. Membalas komentar merupakan pertanda kalau anda menghargai mereka. Jika merasa dihargai, pembaca akan senang, betah dan loyalitas akan terbangun dengan sendirinya.

Demikian, tips untuk blogging yang efektif,  mudah-mudahan bisa bermanfaat.

0 Response to "Tips Untuk Blogging Yang Efektif"

Post a Comment