Tips Mencegah Penuaan Dini

Usia boleh saja bertambah, tapi wajah harus tetap segar dan awet muda! Untukmengantisipasi datangnya kerutan sebelum saatnya, ikuti beberapa tips untuk mencegah penuaan dini yang mudah diterapkan sehari-hari berikut ini.

Tips Mencegah Penuaan Dini1.   Stop merokok. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempercepat timbulnya kerutan, terutama diujung mata, dahi dan bagian samping bibir. Selain itu merokok juga membuat kulit tampak kusam dan kasar.
2.   Hindari sindrom yoyo. Cegah kenaikan dan penurunan berat badan (sindrom yoyo) yang terlalu drastis, seperti pada diet yang terlalu ketat tanpa diimbangi olah raga dan nutrisi yang cukup.

3.   Gunakan krim malam. Sebelum tidur, jangan lupa membersihkan sisa make-up diseluruh wajah dan leher. Setelah itu, balurkan krim malam dan eye cream yang bersifat anti-aging untuk menyamarkan kerutan pada wajah, dan area sekiar mata. Gunakan juga pelembap yang bersifat anti-aging di pagi hari.

4.   Berolahragalah secara teratur. Berolah raga 1 jam setiap hari. Saat Anda berolah raga, pori-pori kulit Anda akan mengeluarkan keringat, yang artinya kulit memberihkan diri secara alamiah sehingga peredaran darah pun lancar. Selain itu metabolisme kulit pun akan meningkat. Pilih olah raga seperti yoga, pilates, atau renang.

5.    Hindari minuman beralkohol. Alokohol akan mempercepat hilangnya air dari kulit.

6.   Perbanyak minum air putih. Sedikitnya minumlah 8 gelas air putih sehari. Kurangnya cairan dalam tubuh akan berefek langsung pada kulit, kulit kan terlihat bersisik, kering, kusam, dan kehilangan elastisitasnya.
7.    Minumlah vitamin. Setiap hari lengkapi asupan makanan Anda dengan vitamin C dan vitamin E agar kulit anda tetap tampak cantik dan segar.

8.   Konsumsi buah dan sayuran segar. Perbanyak makanan yang mengandung serat dan vitamin. Buah dan sayuran tak hanya membantu memperlancar proses metabolisme tubuh dan pencernaan, tetapi juga memperi atmbahan nutrisi bagi kulit. Pilih buah berwarna seperti pepaya, tomat, jeruk dan apel, serta makanan berbahan sayuran seperti salad, gado-gado, karedok, urap, dan lalapan.

9.  Tidurlah  dengan cukup. Idealnya, tidur 8 jam sehari  dan pergilah tidur dibawah pukul 22.00 karena proses perbaikan dan regenerasi kulit berlangsung secara efektif pukul 21.00-24.00.

10.  Perhatikan asupan nutrisi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, terutama purin (yang terdapat pada ikan dan daging). Lemak tidak jenuh, karbohidrat rendah, vitamin E, vitamin C, serta berbagai mineral. Dan, jangan lupa minum segelas susu per hari. Jika Anda tergolong gemuk, pilih susu nonfat.

11. Lakukan perawatan wajah. Sejak usia 20 tahunan, secara rutin gunakan pelembap dan krim pelindung dari sinar matahari.

12. Selalu bersihkan wajah. Setelah keluar rumah, bersihkan wajah Anda agar debu dan kotoran tidak menempel. 

Demikian, postingan tips mencegah penuaan dini ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Mencegah Penuaan Dini"

Post a Comment