8 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Blog

Sahabat pembaca setia blog infoqudrat, pada hari ini saya mencoba membuat posting baru dengan tema 8 cara mengembangkan bisnis dengan blog. Aspek terpenting dalam mengembangkan blog untuk bisnis adalah mengupdatenya secara berkala. Namun disamping itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu dilakukan agar blog bisa membantu mengembangkan bisnis. Apa saja yang harus dilakukan ? 
  • Upayakan agar orang membicarakan merk Anda. Sebuah bisnis dapat dikatakan berada di jalur yang benar jika mampu 'memaksa' orang-orang membicarakan merek produk atau layanan yang dikembangkan. Blog bisa menjadi salah satu sarana untuk menarik perhatian banyak orang. Tapi tentu saja itu tidak mudah. Supaya perhatian tertuju ke Blog Anda perlu waktu yang lumayan lama, dibarengi pemaparan konten yang berkualitas, relevan dan ditulis dengan apik. Sajikan konten yang diinginkan pengguna dan hanya soal waktu bagi mereka untuk membicarakan merek Anda.
  • Lakukan analisis pasar. Dengan blog Anda bisa melakukan analisis pasar sekaligus mempelajari apa yang diinginkan pelanggan dan siapa saja mereka. Cara termudah adalah dengan melakukan polling untuk mencari tahu apa yang pelanggan pikirkan menyangkut produk atau layanan yang dikembangkan dan juga bagaimana demografis mereka. Anda juga bisa meminta masukan dengan bertanya ke pelanggan dan meminta komentar atau tanggapan mereka. Selain masukan positif, ada kemungkinan satu dua pelanggan memberikan komentar negatif menyangkut produk yang dikembangkan. Itu tidak menjadi masalah karena setidaknya Anda bisa mendapatkan masukan yang sangat berharga dari pelanggan.
  • Paparkan perkembangan terkini Perusahaan. Umumnya pelanggan enggan membaca tulisan yang mirip dengan pers rilis yang membosankan. Mereka juga tidak sudi menghabiskan waktu untuk bersusah payah mencari informasi terkini tentang perusahaan Anda. Dengan Blog, Anda bisa menyajikan perkembangan terbaru terkait aktivitas perusahaan. namun pastikan apa yang disampaikan itu benar-benar punya nilai berita. Supaya tidak membosankan dan punya nilai tambah, sebaiknya informasi yang disajikan dilengkapi dengan analisis atau informasi yang bermanfaat untuk pembaca.
  • Beri penghargaan. Sekali-sekali Anda perlu memberikan penghargaan atau hadiah kepada pelanggan. Caranya dengan menggelar kontes, ataupun memberi semacam bonus. Dalam hal ini kreativitas sangat diperlukan. Upayakan agar hadiah itu menjadi kejutan tak terduga. Pembaca yang mendapatkan hadiah biasanya akan menjadi pengunjung yang loyal. Bahkan di masa depan mereka akan mendatangi blog dengan jantung berdebar dan bertanya-tanya apa lagi yang kira-kira akan mereka dapatkan.
  • Koneksikan semua layanan online. Jika perusahaan Anda menggunakan sejumlah layanan online maka blog menjadi sarana yang paling tepat untuk mengkoneksikan smua layanan itu. Jadi, jangan lupa memasang link ke Twitter, pasang widget ke feed banner Facebook dan sejumlah layanan lainnya. Pastikan semua layanan ini akhirnya terpusat ke blog utama perusahaan.
  • Review produk. Jangan biarkan konsumen menelusuri dunia maya untuk mencari tahu apa yang orang pikirkan tentang produk Anda. Di blog, Anda tak hanya bisa menyajikan review produk yang positif untuk meningkatkan reputasi. Blog memberi anda kesempatan langka untuk membela diri terhadap review negatif. Jadi jangan segan-segan untuk membahas review negatif terkait produk yang Anda temukan di dunia maya. Jadikanlah itu sebagai kritik positif. Tentu jika review buruk itu mengada-ada, Anda harus melawan dan memaparkan kondisi sebenarnya.
  • Jawab pertanyaan. Blog adalah platform unik yang memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Blog bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan dan juga keluhan pelanggan. Jika ada topik yang dirasakan sangat penting, tuliskan secara khusus dalam sebuah tulisan.
  • Berinteraksi dengan pelanggan. Kembangkan loyalitas pelanggan pada merek Anda dengan menampilkan sisi kemanusiaan dari perusahaan. Berkomunikasilah dengan pelanggan secara pribadi. Jika memungkinkan, undanglah beberapa pelanggan untuk menjadi penulis tamu di blog. Atau sediakan wadah khusus bagi pelanggan untuk menyajikan opini. Kembangkan komunitas dan jadilah bagian dari komunitas itu dengan berkomunikasi dengan masing-masing pelanggan.
Demikian postingan kali ini tentang 8 cara mengembangkan bisnis dengan blog, mudah-mudahan dapat bermanfaat.


0 Response to "8 Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Blog"

Post a Comment