Inilah Kiat Memilih Layanan Web Hosting

Kiat Memilih Layanan Web Hosting Jika sobat memutuskan untuk membuat sebuah blog, hal yang harus diperhatikan adalah menyewa web hosting. Webhosting menyediakan bandwidth dan disc space yang memungkinkan Sobat memublikasikan konten ke dunia maya.Web hosting tersebut bisa disewa ditempat Sobat membeli domain.

Mengingat pentingnya web hosting maka Sobat perlu memiliki penyedia layanan webhosting profesional. Ada beberapa persyaratan yang sebaiknya dimikili oleh sebuah layanan web hosting profesional. Baiklah, inilah kiat memilih layanan web hosting, sebagai berikut  :
  •  Support. Sobat sebaiknya memilih layanan web hosting yang menyediakan supportatau dukungan yang bisa dihubungi kapan saja dibutuhkan, baik melalui telepon, email atau fasilitas chatting. Idealnya, layanan itu bisa dihubungi 24 jam.
  • Cadangan. Pastikan layanan atau perusahaan web hosting yang disewa menyediakan fasilitas backup atau cadangan. Ini diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sepert hiangnya data atau karena ketidak sengajaan Sobat menghapus beberapa konten penting. Layanan hosting yang menyediakan fasilitas cadangan akan memulihkan data yang terhapus dalam sekejap.
  • Jaminan uptime, Pilih layanan yang menyediakan jaminan uptime, sehingga blog Sobat akan tetap online apapun yang terjadi. Layanan web hosting profesional biasanya memiliki sejumlah lokasi cadangan, sehingga jika terjadi sesuatu pada sbuah server mereka akan tetap menjamin blog pelanggan tetap online karena punya cadangan server ditempat lain.
     Memilih Layanan Web Hosting
  • Layanan blog, Patikan layanan web hosting menyediakan fasilitas untuk blog, namun ada juga yang tidak. Fasilitas blog yang harus ada adalah Wordpress, platform blog paling populer, disusul Joomla dan Drupal.
  • Skalabilitas, Pastikan memilih layanan web hosting yang bisa mengikuti irama blog Sobat. Misalnya paket murah dengan bandwdith tertentu, layanan web hosting harus menyediakan fasilitas upgrade jika sewaktu-waktu Sobat ingin meningkatkan space dan banwidth. Penambahan bandwidth diperlukan jika pengunjung blog meningkat tajam (misalnya karena diulas media massa terkemuka).
  • Strategi untuk keluar. Sekalipun Sobat menyukai layanan web hosting tertentu, pastikan membaca ketentuan jika sewaktu-waktu Sobat memutuskan untuk pindah ke layanan webhosting lain. Ada layanan web hosting tertentu yang mempersulit upaya pelanggan yang ingin pindah ke tempat lain. Jadi pastikan layanan web hosting yang disewa punya aturan tertulis seputar tata cara pengalihan atau pemindahan domain ketempat lain.
Demikian, postingan saya hari ini tentang inilah kiat memilih layanan web hosting, semoga bermmanfaat.



0 Response to "Inilah Kiat Memilih Layanan Web Hosting "

Post a Comment