Hidup Sehat Dan Alami Dengan Tanaman

Orang sudah mulai sadar perlunya hidup sehat . Tentunya ingin hidup sehat dan alami dengan tanaman sebagai penyedap rasa dalam makanan. Makanan dengan bahan baku organik, sayuran, dan bumbu-bumbu alami makin dicari. Berikut beberapa bahan alami sejenis buah dan sayuran bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami pengganti bahan kimia yang berfungsi sebagai penyedap rasa untuk dikonsumsi sehari-hari;

Hidup Sehat Dan Alami Dengan Tanaman1.    Seledri
Apium graveolens atau yang kita kenal dengan seledri termasuk tanaman rempah pelengkap bahan masakan. Tanaman yang banyak ditemui di dataran tinggi ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penambah aroma masakan khususnya yang berkuah seperti sup, bakso, ataupun soto.

2.    Lada
Lada atau merica (piper nigrumlinn atau pepper) mengandung senyawa alkolid piperin yang rasanya pedas. Umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan seperti saus steak, sup dan nasi goreng. Menurut jenisnya lada ada dua macam yaitu lada putih dan lada hitam. Jenis rempah ini juga dipakai sebagai pengganti cabai. Selain menguatkan rasa dalam setiap masakan, lada juga melezatkan berbagai jenis masakan.

3.    Tomat
Tomat yang sering disebut sebagai Lycopersicum Esculentum Mill kaya gizi. Pada lapisan luarnya terdapat likopen, anti oksidan yang dapat mencegah berbagai jenis kanker. Sejak lama, tomat sering dikonsumsi sebagai jus dan campuran berbagai jenis masakan. Rasanya yang sedikit asam sebenarnya bisa digunkan sebagai bahan alami pengganti penyedap rasa karena merupakan perpaduan rasa manis dan asam, Tomat juga digunakan untuk campuran salad, burger dan masakan berkuah lainnya. Ada bermacam tomat yang bisa digunakan sebagai penyedap masakan seperti tomat merah dan tomat hijau. Tomat juga dimanfaatkan sebagai campuran membuat sambal.

4.    Lavender
Selama ini lavender (Lavandula Afficinalis) dikenal sebagai bahan baku untuk pengusir nyamuk atau menghaluskan kulit. Padahal lavender juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Jenis tanaman bunga ini bisa dimanfaatkan sebagai pengharum masakan seperti salad atau sebagai aroma teh. Bunga yang berwarna ungu yang berasal dari wilayah Perancis ini juga sebagai aroma parfum, sebagaimana aroma pada masakan yang fungsinya juga untuk myenyegarkan.

5.    Oregano
Oregano atau Pot Marjoram (Origanum Fulgare) merupakan sebuah tanaman  yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia Tengah dan Selatan. Tanaman ini biasa digunakan digunakan sebagai rempah segar makanan seperti pizza dan spagetti. Oregano daunnya wangi semerbak meski memiliki rasa yang cenderung pahit. Namun karena aroma tumbuhan yang daunnya mirip kemangi ini khas dan hangat, maka dijadikan salah satu bumbu andalan di Eropa.  

Demikian, artikel hidup sehat dan alami dengan tanaman ini, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Hidup Sehat Dan Alami Dengan Tanaman"

Post a Comment