Apa itu Black Hat SEO, dan Apa itu White Hat SEO?

Mungkin sobat pembaca ada yang sudah tahu apa itu Back Hat SEO dan White Hat SEO, tapi tidak ada salahnya disini saya akan menerangkan kembali hal tersebut guna mengingatkan kembali Dasar-Dasar SEO khusunya bagi saya sendiri dan tentunya untuk para blogger pemula yang baru mulai belajar SEO untuk kepentingan websitenya. 
Apa itu Black Hat SEO, dan Apa itu White Hat SEO?Baiklah sebelum dilanjut ada baiknya kita pahami dulu apa itu SEO, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian teknik yang dilakukan untuk memperbaiki ranking/urutan hasil pencarian di search engine atau mesin pencari dengan mengoptimalkan keyword melalui meta tag. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua teknik upaya SEO itu aman untuk website kita. Search engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang dipergunakan untuk menaikan posisi hasil pencarian, teknik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO.
Apa itu Black Hat SEO?  
Black Hat Seo adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali sistem search engine agar sebuah website dapat menempati urutan terbaik didalam hasil pencarian. Salah satu teknik yaitu manipulasi sebuah halaman dengan membuat Page Cloaking. Page Cloaking adalah teknik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda dimata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan atas dalam hasil pencarian. Biasanya, halaman-halaman yang mendapatkan Page Cloaking berbeda dengan halaman yang diperuntukan bagi pengunjung website.
Contoh dari Page Cloaking, adalah membuat banyak keyword di halaman body website. Namun agar tidak terlihat oleh pengunjung website maka keyword-keyword tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website. Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan warna latar website. Kemudian memasukan banyak keyword pada bagian Img Alt Tag dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine, yang juga sudah diisi dengan banyakkeyword.
Masih banyak teknik nakal lainnya yang bertujuan memanipulasi search engine. Namun meski website tersebut dapat memperoleh urutan teratas dalam jangka waktu tertentu, pada akhirnya cepat atau lambat (hanya masalah waktu saja) search engine akan mengetahui hal tersebut. Dan sebagai konsekwensinya situs web tersebut akan terkena ban dan terblokir selamanya sehingga tidak lagi dapat ditemukan lewat search engine.
Apa itu White Hat SEO?
White Hat Seo atau yang juga dikenal dengan natural SEO adalah serangkaian teknik optimalisasi yang fokus kepada pengoptimalisasian keyword lewat melalui meta tag, yaitu Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Img Alt Tag dan Body Tag. Teknik white Hat Seo jauh lebih lambat prosesnya jika dibandingkan dengan teknik Black hat Seo. Namun anda dijamin tidak akan pernah di ban dan terblokir dari index data base sebuah search engine. Bahkan website anda akan mendapat posisi teratas.
Demikian sobat pembaca, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Black Hat SEO, dan Apa itu White Hat SEO?"

Post a Comment