Pengertian Sistem Operasi Pada Telepon Selular

Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau software yang menjalankan fungsi dari telepon selurar. Pada Smartphone terdapat beberapa sistem operasi. Sobat pembaca tentunya Anda sudah tidak sabar ingin segera mengetahui lebih lanjut tentang istilah tersebut bukan?, baiklah inilah Pengertian Sistem Operasi Pada Telepon Selular sebagai berikut :
Pengertian Sistem Operasi Pada Telepon Selular 
1. Sistem Operasi Android.
Yaitu sistem operasi mobile yang diciptakan google, sistem operasi ini menyediakan  platform terbuka bagi para developer (pengembang) untuk menciptakan aplikasi yang dipergunakan untuk beragam mobile devices. Uniknya dari setiap versi terbaru Android yang diluncurkan selalu menggunakan nama makanan hidangan penutup. Hingga saat ini Android telah tersedia dalam beragam versi diantaranya adalah v1.5 Cupcake, v1.6 Donut, v2.1 Eclair, v2.2 Froyo, v2.3 Gingerbread, v3.0 Honeycomb, v4.0 Ice Cream Sandwich dan terbaru v5.0 Jelly Bean.

Sistem Operasi Symbian
2. Sistem Operasi Symbian.
Merupaka sistem operasi closed source yang dikembangkan oleh Symbian Ltd, keuanggulannya memiliki antar muka program aplikasi atau Application Programming Interface sehingga dapat men-support komunikasi umum pada hardware dan dapat digunakan oleh objek aplikasi lainnya. OS ini dirancang khusus untuk peralatan mobile dan banyak digunakan oleh tipe ponsel Nokia N series.


3. Sistem Operasi Apple (iOS)
Yaitu sistem operasi yang dibenamkan pada produk-produk besutan Apple, awalnya iOS dikembangkan untuk iPhone namun seiring perkembangannya kini telah digunakan pada beragam jenis perangkap seperti Pod Touch dan iPad.
Sistem Operasi Apple iOS

Sistem Operasi BlackBerry
4. Sistem Operasi BlackBerry (BlackBerry OS).
Sistem operasi BlackBerry dikembangkan oleh Research in Motion (RIM) untuk perusahaan BlackBerry yang berbasiskan perangkat genggam (mobile). Saat ini pengguna BlackBerry tengah menantikan versi terbaru BlackBerry 10 yang konon mengusung perubahan radikan dan mendasar dibanding BlackBerry versi sebelumnya. Seperti integrasi yang lebih kuat dengan sosial media, tampilan antar muka yang berbeda serta mengadopsi media input full touchscreen.


5. Sistem Operasi Windows Phone.
Merupakan sistem operasi pengganti dari Windows Mobile yang dikembangkan oleh Microsoft. OS yang dirilis pertama kali di Amerika Serikat pada 8 November 2010 tersebut telah mendukung 25 bahasa serta marketplace sebagai ajang pembelian aplikasi dan telah diakses oleh 35 Negara didunia termasuk Indonesia. Umumnya sistem operasi yang ditawarkan vendor Smartphone yang baru dirilis dengan harga murah adalah sistem operasi Android yang dirilis oleh Samsung, LG, IMO, Mito, Cross, Movi, dan sistem operasi Symbian yang dirilis oleh Nokia. Sementara untuk OS BlackBerry, OS Windows, iOS umumnya dirilis untuk Smartphone dikelas menengah dan premium.
Sistem Operasi Windows Phone
Oke sobat pembaca setia blog info qudrat, demikianlah artikel tentang Pengertian Sistem Operasi Pada Telepon Selular, tentunya mudah-mudahan bermanfaat. Salam hangat selalu.

Source : Tabloid Pulsa Edisi Khusus. November 2012.


0 Response to "Pengertian Sistem Operasi Pada Telepon Selular"

Post a Comment