Beginilah Cara Cerdas Memilih Smartphone High-end

Beginilah Cara Cerdas Memilih Smartphone High-end
Beginilah Cara Cerdas Memilih Smartphone High-end (premium), adalah judul artikel baru yang dapat saya tulis pada kesempatan ini. Oke kita langsung ke pembahasannya. Sobat pembaca setia blog infoqudrat menyebut Smartphone premium biasanya terbayang pertama kali masalah harga yang mahal. Juga pastinya akan berbicara mengenai spesifikasi yang ujung-ujungnya berkaitan dengan performa dan kualitas. Vendor tampak jor joran dalam memberikan spesifikasi maksimal untuk smartphone jenis ini. Segala macam teknologi terbaru dan paling mutakhir dejejalkan didalamnya.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan makin banyaknya produsen yang mampu menciptakan komponen canggih dengan harga murah. Konsumen bisa mendapatkan Smartphone papan atas dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Lalu ketika Anda sudah memutuskan memilih Smartphone high-end, kira-kira kriteria dan faktor apa sih yang paling penting Anda lihat.

A. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda.
Smartphone premium memang dikuasai oleh Smartphone berbasis Android. Karena banyak tipe dan merk yang bermain di ranah Android membuat Anda leluasa dalam menentukan pilihan. Ada yang unggulkan kamera sebagai senjata andalan atau Smartphone outdoor yang tahan terhadap air dan debu. Seperti Sony Xperia Go atau Xperia Acro S. Atau yang punya baterai berkapasitas besar seperti Motorola Razr MAXX. Untuk kebutuhan chatting dan BBMan, pastinya Blackberry device yang jadi pilihan. Meskipun saat ini banyak jalur koneksi layaknya BBM seperti Whats app yang bisa diinstall di perangkat Android, Windows atau iPhone.

B. Minimal Mengusung Prosesor Dual Core.
Buat perangkat Android, fitur dual core pasti menjadi standar wajib di kelas ini. Bahkan saat ini beberapa produk sudah mengandalkan quad core macam Galaxy S III, Galaxy Note II atau HTC One X. Meskipun memang level harganya masih diatas 5 juta. Chipsetnya juga sudah mencangkokkan jenis Nvidia Tegra 3 yang diklaim 5 kali lebih cepat dibanding Nvidia tegra 2. Begitu pula untuk perangkat iPhone, Blackberry dan Symbian. Kecuali Windows Phone yang masih setia dengan konsep singel core seperti halnya Nokia Lumia 900 dan Lumia 800.

C. Paket Layanan Data.
Karena harganya yang mahal, beberapa Smartphone premium biasanya mengadakan kerja sama dengan pihak operator. Tersedia paket layanan data yang dibundling dengan Smartphone. Hal ini lumayan meningkatkan animo pengguna untuk mencoba paket tersebut tanpa harus dipusingkan dengan tarif layanan internet. Sekaligus promo bagi sioperator sehingga miningkatkan pengguna layanan data.

D. Layar Makin Berkualitas.
Komponen layar mengambil porsi paling mahal dari sebuah Smartphone. Tak heran Smartphone premium biasanya dibekali dengan jenis layar terbaik. Samsung punya layar Super AMOLED untuk beberapa tipe Smartphone high-end. Sedang HTC mempercayakan jenis Super IPS LCD2. Ditambah lagi resolusi dan dimensi yang makin wah. Resolusinya bahkan mencapai 720 x 1280 piksel. Untuk Android, banyak vendor memasang layar cukup lebar sehingga disebut mini tablet. Dan rata-rata sudah memasang layar kaca Gorilla Glass yang tahan terhadap gesekan dan goresan.

E. Fitur Multimedia Oke.
Sebagai Smartphone premium, fitur multimedia dan kelengkapan hiburan termasuk lengkap. Kamera berkuran8 MP sudah jadi pemandangan umum di level ini, Kecuali tipe Blackberry dimana BB 9900 alias Dakota masih berukuran 5 MP. beberapa Smartphone Android seperti Sony Xperia unggulkan fitur kamera. Dengan teknologi andalan Sony Exmor R, Smartphone Sony sudah menaruh kameria 12 MP beresolusi 4000x3000 piksl. Pengaturannya sendiri sangat beragam. Selain menu wajib auto fokus dan LED flash,alat bantu lain supaya hasil foto makin tajam tersedia touch focus, 3D sweep panorama, image stabilization. Rata-rata juga sudah menyediakan video setaraf 1080p berframe rate 30 fps. Untuk Smartphone high-end, format file baik audio dan video sangat lengkap. Semua jenis file dapat dimainkan disini. File audionya meliputi AAC, eAAC+, WAV, WMA dan FLAC. Aksesoris pndukung seperti handsfree dipaketkan bersama Smartphone berkualitas prima. Seperti HTC yang membundling perangkatnya denganheadset Beats Audio.

F. Kapasitas Memori Besar.
Sobat pembaca, sebagai Smartphone high-end otomais dibutuhkan media penyimpanan yang dapat menampung semua keperlun termasuk file multimedia dan data dalam jumlah besar. Dan itu dipenuhi dengan memori internal maupun kapasitas ROM dan RAM yang juga besar. Pilihan di harga 3 jutaan, internalnya berkisar 8 GB dengan RAM dan ROM sebesar 512 MB - 1 GB. Meningkat diatasnya pada harga diatas 4 jutaan, Anda sudah bisa mememui Smartphone dengan storage 16 atau 32 GB. Plus ROM dan RAM sebesar 25 - 50 GB. Sehingga Anda dapat langsung menarik data tersebut tanpa harus menaruhnya didalam Smartphone.

G. Konektivitas SuperLengkap.
Sudah barang tentu konektivitas disini super lengkap. Para pemilik smartphone premium pastinya mendambakan akses dan oleh data yang mumpuni, Selain kanal HSDPA, WiFi, DLNA untuk beberapa tipe sudah memasang jalur LTE untuk teknologi 4G. Untuk berhubungan dengan perangkat lain juga tersedia port HDMI maupun USB On the go. Sehingga file hiburan dan office yang ada di Smartphone dapat ditampilkan secara leluasa di TV layar lebar. Teknologi macam NFC dan TV out pastinya diakomodasi.

Berikut ini rekomendasi Smartphone premium (High end).
  • Samsung Galaxy SIII yang dibanderol dengan harga Rp. 6.400.000,-
  • HTC One X yang dibanderol dengan harga Rp. 5.900.000,-
  • Sony Xperia Acro S yang dibanderol dengan harga Rp. 5.000.000,-
  • Blackberry Bold 9900 yang dibanderol dengan harga Rp. 5.400.000,-
  • Samsung Galaxy None II yang dibanderol dengan harga Rp. 7.500.000,-
  • Nokia 808 PureView yang banderol dengan harga Rp. 6.200.000,-
  • Nokia Lumia 900 yang dibanderol dengan harga Rp. 4.300.000,-
Demikian artikel yang berjudul Beginilah Cara Cerdas Memilih Smartphone High-end ini, semoga bermanfaat bagi pembaca setia blog infoqudrat.

Source : Tabloid Pulsa Edisi Khusus. November 2012.

0 Response to "Beginilah Cara Cerdas Memilih Smartphone High-end"

Post a Comment