Manfaat Yoga Dapat Memperlambat Penuaan

Halo sahabat pembaca blog infoqudrat, apa kabarnya? saya doakan semoga Anda sehat selalu. Baiklah pada kesempatan ini saya kembali menulis sebuah artikel baru yag diberi judul Manfaat Yoga Dapat Memperlambat Penuaan. Ingin tahu lebih lanjut? yuk kita langsung saja ke pembahasannya. Yoga adalah ilmu pengetahuan kuno yang berakar dari filosifi Hindu. Yoga bersifat pantheisme (kepercayaan bahwa seluruh alam semesta dan isinya bersifat ilahiah) Ilmu ini sangat kompleks. Ia bicara banyak aspek tentang manusia, mulai dari tataran fisik hingga spiritual.

Manfaat Yoga Dapat Memperlambat PenuaanKata "yoga" berasal dari bahasa Sansakerta. Ia berarti aktivitas seseorang yang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indra dan tubuh secara penuh. Yoga membuat orang mengendalikan, mengatur, berkonsentrasi, dan menyelaraskan tubuh, jiwa serta pikiran.

Yoga berasal dari India dan telah dipraktikkan sejak 4.000 tahun lalu. Sejak 1960-an yoga pun menyebar keseluruh dunia. Meskipun di Mesir aktifitas yoga dilarang, di Indonesia yoga kini banyak dilirik orang. Yoga menjadi induk dari hampir semua semua jenis senam, bela diri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta serta praktik penyembuhan. Sebagai seni olah jiwa dan raga, yoga mengombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan, dan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru.

Dalam latihan yoga, setiap postur yang diperagakan memiliki arti berbeda, baik untuk tubuh maupun pikiran. Duduk, misalnya, untuk relaksasi. Sementara berdiri untuk membangkitkan energi," tidak seperti aerobik, fitness, dan kegel, yoga memberi dua disiplin praktik yaitu gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilngkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh. Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga kita dapat mengarahkan energi tersebut menjadi sesuatu yang bersifat konstruktif. Karena itu, yoga membuat pikiran tenang. Namun untuk pemula, latihan yoga harus didampingi instruktur yang berpengalaman. Jika tidak, tubuh rentan cedera.

Ada sembilan bentuk aliran yoga yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus para siswa yoga, yaitu: jnana yoga, karma yoga, bahkti yoga, kundailini yoga, hatha yoga, dan raja yoga. Saat ini aliran yang banyak digunakan adalah hatha yoga atau penyatuan melalui penguasaan tubuh dan napas.

Hatha adalah gabungan kata yaitu "ha" dan "tha" yang artinya 'matahari' dan 'bulan'. hatha yoga fokus pada teknik asan (postur), pranayama (olah napas), bandha (kuncian), mudra (gestur) serta relaksasi yang mendalam."Hatha bertujuan menjaga keseimbangan alamiah tubuh dengan mempraktikkan kelima prinsip yoga. Prinsip tersebut adalah berlatih dengan teratur, bernapas dalam, pola makan yang seimbang, beristirahat cukup, berpikir positif, dan meditasi".

Gerakan yoga sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat rumit, ada 840.000 asana dalam yoga. Jadi, semua orang, dari anak-anak hingga manula dan perempuan hamil, bisa melakukan yoga. Pelaku yoga tidak perlu terlalu memaksanakan sesuatu gerakan yoga. Semua sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Siapapun yang mempraktikkan yoga, melakukan asana dengan prinsip sweet discomfort atau batas antara nyaman dan tidak nyaman. Jika merasa tegangan tubuh meningkat, artinya Anda terlalu memaksa tubuh. Tubuh akan memberi sinyal untuk untuk meregang lebih jauh saat ia telah siap.

Untuk pemula, diperlukan seorang yogi atau guru yoga sebagai pemandu. Yogi akan memandu para pemula, memberi pengetahuan tentang gaya hidup sehat, serta memberi bimbingan ketika bermeditasi. Manfaat berlatih yoga adalah meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin di dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak, serta membentuk postur tubuh yang lebih tegap. Tidak hanya itu, yoga membuat otot lebih lentur dan kuat, meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas, dan membuang racun dari dalam tubuh.Yoga juga memperlambat penuaan, memurnikan syaraf pusat yang terdapat di tulang punggung, mengurangi ketegangan tubuh, pikiran dan mental, serta kuat saat menghadapi stress.

Demikian postingan yang berjudul  Manfaat Yoga Dapat Memperlambat Penuaan. semoga bermanfaat. Salam.

Source : Harian Pelita. Gambar dikutip dari obesitas.web.id

0 Response to "Manfaat Yoga Dapat Memperlambat Penuaan"

Post a Comment