Tips Melatih Kura-kura Agar Jinak

Halo sahabat pembaca setia blog infoqudrat, apa kabarnya, semoga Anda semua selalu sehat dan bahagia. Oya saya mohon maaf karena baru kali ini saya sempat menulis kembali artikel baru sehubungan banyaknya pekerjaan yang cukup menyita waktu luang saya untuk menulis. Topik postingan kali ini adalah Tips Melatih Kura-kura Agar Jinak. Baiklah kita langsung saja ke pembahasannya.

Tips Melatih Kura-kura Agar JinakSahabat infoqudrat, sebagian orang beranggapan bahwa memelihara kura-kura hanya cukup diberi makan dan diperhatikan kebersihan kandangnya. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda juga menyayangi kura-kura peliharaan Anda dengan kasih sayang. Berikut cara-cara supaya kura-kura peliharaan Anda menjadi jinak dan penurut;
  • Berikan nama pada kura-kura Anda karena kura-kura bisa mengerti dan memahami namanya. Panggilah kura-kura Anda sesering mungkin karena semakin sering dilakukan, kura-kura akan semakin mengenali nama yang Anda berikan padanya.
  • Bermainlah dengan kura-kura peliharaan Anda. Hal yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan dengan memberikan kura-kura mainan yang tidak berbahaya seperti bola kecil. Letakkan bola tersebut di dekat kura-kura dan biarkan kura-kura Anda mengenali dengan mengamati bola tersebut. Kura-kura akan mendekat dan mencium bau mainan yang Anda berikan. Anda pun perlu meluangkan waktu untuk bermain bersama kura-kura.
  • Sering-seringlah memegang kura-kura Anda karena akan membuat kura-kura terbiasa dengan tuannya. Dan jika sudah terbiasa, kura-kura akan meminta untuk dipegang.
  • Sesekali Anda perlu menyuapi kura-kura. Namun hati-hati, jangan sampai jari-jari Anda yang dikira makanan. Jika memelihara kura-kura dari kecil, melakukan hand feeding akan sangat membantu kedekatan Anda dengan kura-kura dan memberikan ikatan yang khusus antara kura-kura dengan pemeliharaannya.
  • Jika kura-kura sudah bisa datang saat dipanggil namanya, kura-kura mulai bisa Anda biarkan menjelajahi rumah. Biarkan kura-kura berjalan jalan dan tidak hanya diam di akuarium atau ditempat berjemurnya. Awasi terus kemana kura-kura berjalan terutama jika dirumah juga ada binatang peliharaan lain seperti kucing atau anjing. Setelah beberapa saat, kembalikan kura-kura ke kandangnya.
  • Jika ingin kura-kura Anda melakukan sesuatu, ulangi perintah yang sama berkali-kali. Intinya, tujuannya sama dengan memberikan nama panggilan pada kura-kura. Ucapkan kata perintah yang sederhana secara berulang-ulang sambil membantu kura-kura mempraktekkannya. Jika sudah terbiasa, kura-kura akan memahami kata perintah seperti 'kesini', 'naik','jangan', dan lain sebagainya. bahkan ada kura-kura yang bisa diajak bersalaman dengan cara meletakkan tangan kura-kura diatas tangan majikannya.
  • Sesekali ajaklah kura-kura untuk tidur di tempat tidur. Awalnya, letakkan kura-kura di kotak yang dialasi kain. Hal ini agar jika kura-kura terbangun duluan, kura-kura tidak bisa kemana-mana. Jika sudah mulai biasa maka kura-kura bisa bangun bersamaan dengan tuannya. Selanjutnya, letakkan kura-kura diatas satu lembar kain dan tutupi kura-kura dengan kain yang lain, seperti kasur dan selimut. Jika sudah terbiasa, kura-kura akan mengikuti kemanapun Anda pergi.
  • Tunjukkan kasih sayang Anda pada kura-kura peliharaan. Anda dapat memandanginya dan memberinya makan. Selain itu, Anda dapat mengajaknya berbicara dengan kura-kura Anda atau menghabiskan waktu bersama kura-kura peliharaan Anda. Tindakan-tindakan ini akan sangat membantu kura-kura peliharaan Anda menjadi lebih penurut dan jinak.
Demikian artikel kali ini tentang Tips Melatih Kura-kura Agar Jinak. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Tips Melatih Kura-kura Agar Jinak"

Post a Comment