Bagaimana Cara Membangun Off Page SEO di Blogspot?

Apa kabar semua sobat setia pembaca blog infoqudrat, saya mohon maaf baru kali ini saya menulis artikel kembali sehubungan banyaknya pekerjaan lain yang harus saya selesaikan. Baiklah sobat untuk judul artikel pada kesempatan ini ialah Bagaimana Cara Membangun Off Page SEO di Blogspot? bagi yang sudah master tentunya tidak asing lagi ya, tetapi mungkin saja di luar sana masih ada yang belum tahu apa maksud dari Off Page SEO dan bagaimana cara membangunnya. Oke sobat kita langsung saja masuk ke pembahasannya.

Bagaimana Cara Membangun Off Page SEO di Blog?Off Page SEO adalah bagian penunjang lainnya untuk meningkatkan ranking sebuah blog. Untuk membangun sebuah blog dengan ranking yang dipandang layak oleh mesin pencari kita perlu mambangun jaringan link. Yang perlu kita lihat disini bukanlah mengenai jumlah link yang telah kita bangun, tetapi kualitas link yang kembali sebagai backlink. Pastikan backlink yang kita dapatkan itu dari sebuah website ternama, sehingga backlink tersebut dapat memberikan efek yang bagus untuk blog.

SEO Off Page merupakan kebalikan dari SEO On Page. jadi hal-hal atau faktor yang dioptimalkan terletak pada luar website atau blog yang akan kita optimasi. Dibawah ini terdapat beberapa hal penting yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan Off Page SEO.

1. Membangun Komunitas Jejaring Sosial.
Kita tentu telah mengetahui bagaimana kekuatan dari sebuah komunitas di dalam situs jejaring sosial. Didalam sebuah situs jejaring sosial kita melihat begitu banyak komunitas terbentuk. Kita tentu pernah mengalami situs jejaring sosial bernama friendster, dimana didalamnya kita dapat menemukan teman-teman lama kita bahkan membentuk komunitas baru dengan teman-teman baru kita. Setelah Friendster, kita sekarang mengenal dengan yang namanya situs Facebook. Situs ini sekarang berkembang begitu pesatnya. Selain Facebook, Twitter dan Foursquare  juga memberikan banyak fasilitas untuk membentuk sebuah komunitas jaringan sosial.

Hal apa yang harusnya kita lakukan untuk memanfaatkan komunitas didalam sebuah situs jejaring sosial untuk menerapkan Off Page SEO? Pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan fasilitas-fasilitas seperti Wall pada facebook, Twett pada Twetter dan lainnya untuk memasarkan link blog kita. Hal kedua setelah promosi adalah menarik komunitas kita untuk mengakses link tersebut. Dan hal terakhir adalah pastikan bahwa komunitas tersebut tepat sasaran dengan link yang kita bagikan. Sebagai contoh, jika kita memiliki Blog berisikan ulasan atau artikel mengenai makanan, pastikan komunitas kita adalah komunitas makanan atau komunitas penyuka makanan. Memang tidak ada salahnya jika kita mempromosikannya secara global, namun hal tersebut kurang efisien.

2. Berbagi Foto.
Selain melalui komunitas situs jejaring sosial, Off Page SEO juga dapat kita terapkan melalui foto. Begitu banyak website yang menyediakan fasilitas untuk dapat menggugah foto secara cepat dan ringkas. Diantara begitu banyak website yang ada, kita dapat memilih website-website popular. Tujuan kita memilih website yang popular adalah tentunya untuk mendapatkan backlink yang berbobot. Beberapa website yang yang dapat kita pakai adalah Flickr, Picasa, Photobucet, dan lainnya.

Bagaimana kita dapat memanfaatkan website-website tersebut? Dan bagaimana Blog kita dapat menanjak rankingnya dimata mesin pencari? Cara mudahnya adalah mulai unggah foto-foto produk atau foto yang ada didalam blog. Setelah foto-foto tersebut kita unggah, kita dapat menggunakan link yang disediakan oleh pihak website tersebut untuk dipasangkan pada blog kita. Dan hal terakhir adalah mengatur foto-foto tanpa privasi atau bersifat umum untuk dilihat siapapun juga pada website tersebut.

3. Berbagi Video.
Disamping melalui foto, kita juga dapat menarik mesin pencari melalui fasilitas video. Pada website seperti YouTube, Meta Cafe, Dailymotion, dan lainya. Sama dengan bagian berbagi foto, kita memanfaatkan fasilitas video yang kita miliki. Kemudian memakai link untuk dipasangkan pada blog, dan yang terakhir mempublikasikan video tersebut ke kalangan umum. Video apa saja yang dapat kita unggah? tentunya video yang berkaitan dengan isi artikel dari blog kita. Video-video seperti video review sebuah produk, video tutorial instalasi, bahkan video resep sebuah masakan dapat kita unggahkan.

4. Memasarkan Artikel Blog.
Sebuah blog pasti memiliki banyak artikel, manfaatkan artikel yang kita buat dengan mendaftarkan pada salah satu website penerima artikel yang ternama seperti Go Articles, Ezine Articles, Buzzle, dan lainnya. Dengan memanfaatkan artikel tersebut, kita akan terbantu untuk mendapatkan link yang bagus.

Baiklah sobat, ke empat hal yang saya sebutkan diatas adalah cara sederhana untuk menggunakan Off Page SEO semoga artikel yang tentang Bagaimana Cara Membangun Off Page SEO di Blogspot? ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Nantikan juga artikel lain dari saya di lain waktu. Salam.


1 Response to "Bagaimana Cara Membangun Off Page SEO di Blogspot?"

  1. Nice post. I was checking constantly this blog and I am impressed! Extremely helpful information specially the last part I care for such info a lot. I was seeking this particular information for a very long time. Thank you and good luck. buy laser targeted backlinks

    ReplyDelete